Gambaran Keinginan Berpindah Kerja Karyawan Berdasarkan Komitmen Organisasional Dan Ketidakamanan Kerja Di Rumah Sakit Umum Parama Sidhi Kabupaten Buleleng

  • Putu Ratih Pravitasari PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Pertumbuhan rumah sakit dalam 20 tahun belakangan ini meningkat pesat. Hal ini menimbulkan persaingan yang semakin ketat antar rumah sakit. SDM merupakan satu-satunya aset penting organisasi yang dapat menggerakkan sumber daya lainnya. Fenomena yang seringkali terjadi adalah kinerja suatu perusahaan yang telah demikian bagus dapat terganggu, oleh berbagai perilaku karyawan yang sulit dicegah terjadinya. Salah satu bentuk perilaku karyawan tersebut adalah keinginan berpindah kerja karyawan yang berujung pada pengunduran diri karyawan.

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif menggunakan rancangan cross sectional serta menggunakan metode analisa data secara kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan RSU Parama Sidhi sebanyak 56 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan perilaku keluarnya karyawan selalu didahului oleh niat seseorang untuk keluar dari organisasi. Responden yang memiliki keinginan berpindah kerja berjumlah 23 orang (41,1%) sedangkan responden yang tidak memiliki keinginan berpindah berjumlah 33 orang (58,9%) kemudian responden yang memiliki komitmen organisasi berjumlah 34 orang (60,7%) sedangkan responden yang tidak memiliki komitmen organisasi berjumlah 22 orang (39,3%) dan responden yang mengalami ketidakamanan kerja berjumlah 40 orang (71,4%) dan yang mengalami rasa aman dalam bekerja berjumlah 16 orang (28,6%). Dari hasil menggunakan uji chi square pada komitmen organisasi diperoleh nilai p 0.275 (p>?) hal ini berarti komitmen organisasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan keinginan berpindah kerja karyawan RSU Parama Sidhi dan untuk ketidak amanan kerja diperoleh nilai p 0.001 (p<?) hal ini berarti ketidakamanan kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan keinginan berpindah kerja karyawan RSU Parama Sidhi Kabupaten Buleleng.

Kesimpulan penelitian menunjukkan komitmen organisasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan keinginan berpindah kerja karyawan RSU Parama Sidhi dan ketidakamanan kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan keinginan berpindah kerja karyawan. Disarankan bagi pihak RSU Parama Sidhi memberikan informasi terutama terkait status kepegawaian secara teratur dengan karyawan serta meningkatkan komitmen organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-10
How to Cite
PRAVITASARI, Putu Ratih. Gambaran Keinginan Berpindah Kerja Karyawan Berdasarkan Komitmen Organisasional Dan Ketidakamanan Kerja Di Rumah Sakit Umum Parama Sidhi Kabupaten Buleleng. Community Health, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2014. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7705>. Date accessed: 14 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Keinginan berpindah kerja, Karyawan, Komitmen Organisasi, Ketidakamanan kerja