Palatalisasi Bunyi Bahasa Bali yang Digunakan di Desa Siakin

  • I Wayan Swandana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Yosef Demon Universitas Flores, Flores-Nusa Tenggara Timur

Abstract

Tulisan ini berjudul Palatalisasi Bunyi Bahasa Bali yang Digunakan di Desa Siakin. Tujuan tulisan ini adalah untuk: 1) mengetahui proses palatalisasi bunyi yang terjadi pada Bahasa Bali di Desa Siakin, 2) mendeskripsikan di lingkungan fonologis mana palatalisasi bunyi pada Bahasa Bali di Desa Siakin terjadi, dan 3) menganalisis makna palatalisasi bunyi pada Bahasa Bali di Desa Siakin. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari penutur Bahasa Bali di Desa Siakin pada ranah informal dalam kehidupan sehari hari. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan bantuan teknik rekam dan metode wawancara dengan teknik catat. Analisis padan intralingual digunakan dalam tulisan ini. Metode formal dan informal digunakan untuk mendeskripsikan tulisan ini. Adapun hasil yang ditemukan adalah 1) adanya palatalisasi bunyi /?/ pada Bahasa Bali di Desa Siakin, 2) palatalisasi terjadi pada kategori verba dasar di suku kata pertama, 3) tujuan dari palatalisasi bunyi /?/ pada Bahasa Bali di Desa Siakin adalah verba yang di palatalisasi mendapat tekanan makna secara semantis

References

Artawa, K. 2013. The Basic Verb Construction in Balinese. NUSA 54, 5-27. [Permanent URL: http://hdl.handle.net/10108/71803].

Bawa, I W. 1983. Bahasa Bali di Daerah Provinsi Bali.: Sebuah Analisis Geografi Dialek. Jakarta: Disertasi untuk Universitas Indonesia.

Pastika, I W. Fonologi Bahasa Bali: Sebuah Pendekatan Generatif Transformasi. Kuta: Pustaka Larasan.

Suparwa, I N. 2009. Teori Fonologi Mutakhir: dari Generatif ke Optimalitas. Denpasar: Udayana University Press.

Swandana, I W. 2017. Proses Pelesapan Bunyi dalam Bahasa Bali Dialek Jembrana. Seminar Nasional Riset Inovatif 201, ISBN: 978-602-6428-11-0.
Published
2021-11-20
How to Cite
SWANDANA, I Wayan; DEMON, Yosef. Palatalisasi Bunyi Bahasa Bali yang Digunakan di Desa Siakin. International Seminar on Austronesian Languages and Literature, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 351-354, nov. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/isall/article/view/80394>. Date accessed: 03 oct. 2022.