Transformasi Teks Naratif ke dalam Bentuk Visual pada Naskah Prasi di Kabupaten Buleleng

  • I Gede Gita Purnama Arsa Putra Universitas Udayana

Abstract

Skriptorium naskah di Bali menyebar hampir merata di berbagai wilayah pulau Bali khususnya di rumah-rumah masyarakat Bali. Kabupaten Buleleng menjadi salah satu wilayah dengan persebaran naskah lontar cukup banyak. Diantara berbagai genre naskah lontar yang ada di masyarakat Bali, jenis naskah Prasi adalah salah satunya. Naskah Prasi meski tidak banyak keberadaanya di masyarakat Bali, namun memiliki nilai yang sangat tinggi, terutama dari sudut estetika. Naskah Prasi adalah sebuah naskah lontar yang berupa gambar atau ilustrasi dari sebuah teks. Gambar yang ada dalam naskah Prasi berbeda dengan gambar-gambar yang banyak juga ditemui dalam naskah-naskah tentang ilmu kebatinan (kawisesan), atau naskah-naskah dengan kandungan sarana-sarana ritual (usadha, palelintangan, sarana,dll). Prasi adalah visualisasi dari teks-teks sastra, umumnya adalah teks-teks sastra kakawin, kidung, maupun gaguritan. Prasi di Buleleng berkembang dari bentuk-bentuk paling tradisi hingga bentuk paling kontemporer. Keadaan ini menjadikan Prasi sebagai sebuah media yang sangat adaptif dalam menjadi media ekspresi bentuk visual.

References

Putra, IGA. Darma. 2020. Kalangwan dalam Kidung Bhramara Sangu Pati. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Pleyte, C.M. 1912. Darmo Lelangon, a Royal Song without Words from the Isle of Lombok. Batavia: G. Kolff & co.

Rubinstein, Raechelle. 1996. Lontar Production. Dalam Illumination. The Writing Traditions of Indonesia (pp. 136-137). Jakarta: The Lontar Foundation.

Suwidja, I Ketut. 1979. Mengenal Prasi. Singaraja: Gedong Kirtya.

Tabrani, Primadi. 2012. Bahasa Rupa (cetakan ke-3). Bandung: Kelir.

Vickers, Adrian. 1982. A Balinesse Illustrated Manuscript of The Siwaratrikalpa.Bijdragen tot de Taal-Land- en Volkenkunde 138, no. 4 (443-469).

Warna, dkk. 1993. Kamus Bali-Indonesia. Dinas Pendidikan Dasar Propinsi Tingkat I Bali:Bali.

Zoetmulder, P.J. 2004. Kamus Jawa Kuna Indonesia (cetakan ke-4). Jakarta: PT. Gramedia.
Published
2021-11-18
How to Cite
GITA PURNAMA ARSA PUTRA, I Gede. Transformasi Teks Naratif ke dalam Bentuk Visual pada Naskah Prasi di Kabupaten Buleleng. International Seminar on Austronesian Languages and Literature, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 57-63, nov. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/isall/article/view/79858>. Date accessed: 22 may 2022.