Gambaran Sedimen Urin Gajah Sumatera (Elephas maximus sumateranus) Bali Elephant Camp di Desa Carangsari, Petang, Badung, Bali

  • Nisa Maharani Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Nengah Wandia Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Nyoman Sadra Dharmawan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sedimen urin gajah sumatera di Bali Elephant Camp. Urin delapan ekor gajah betina dewasa diambil pada pukul 7.00 - 9.00 WITA dengan metode midstream. Metode midstream dapat mencegah bakteri mengontaminasi sampel urin. Pengambilan urin dilakukan lima kali dengan jarak pengambilan sampel selama dua hari. Sedimen diperiksa di bawah mikroskop dan dilaporkan berdasarkan pengamatan Lapang Pandang Kuat (LPK) dan Lapang Pandang Lemah (LPL). Hasil yang diperoleh dari delapan ekor gajah adalah positif eritrosit pada satu gajah (0-1/LPK), leukosit pada tiga gajah (0-2/LPK), sel epitel squamous pada semua gajah, sel transisional pada dua gajah (0-1/LPK), dan mukus pada dua gajah (0-1/LPK). Sedimen urin gajah mengandung kristal dari berbagai jenis. Kristal kalsium karbonat pada tujuh gajah, magnesium ammonium fosfat atau struvit pada satu gajah, kalsium oksalat dihidrat pada enam gajah, kalsium oksalat monohidrat pada empat gajah, dan fosfat amorf pada tiga gajah. Berdasarkan hasil studi dapat disimpulkan bahwa kandungan sedimen urin gajah sumatera bervariasi. Variabilitas sedimen urin, nilai dasar sedimen urin dan pemeriksaan urinalisis rutin dari berbagai tempat konservasi gajah sumatera diperlukan untuk mendapatkan database nilai-nilai sedimen urin normal yang dapat membantu dalam mengidentifikasi status kesehatan ginjal gajah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Nengah Wandia, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Anatomi dan Embriologi Veteriner

Nyoman Sadra Dharmawan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Diagnosa Klinik, Patologi Klinik dan Radiologi Veteriner

Published
2020-05-31
How to Cite
MAHARANI, Nisa; WANDIA, I Nengah; DHARMAWAN, Nyoman Sadra. Gambaran Sedimen Urin Gajah Sumatera (Elephas maximus sumateranus) Bali Elephant Camp di Desa Carangsari, Petang, Badung, Bali. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 417-425, may 2020. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/63922>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.3.417.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>