Karakterisasi Fisikokimia dan Uji Aktivitas Bakteriosin dari Bakteri Asam Laktat Isolat 13 B Hasil Isolasi Kolon Sapi Bali

  • Ni Putu Iin Intan Pratiwi
  • I Wayan Suardana
  • I Nyoman Suarsana

Abstract

Bakteri Asam Laktat (BAL) adalah kelompok bakteri Gram positif, berbentuk kokus atau batang dan katalase negatif. Bakteri asam laktat mampu mengeksresikan senyawa antimikroba seperti bakteriosin. Bakteriosin memiliki sifat bakteriostatik atau bakterisidal terhadap bakteri patogen memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan masyarakat contohnya sebagai antibiotik alami atau sebagai biopreservatif makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristiki fisikokimia dan aktivitas antimikroba dari  bakteriosin asal bakteri asam laktat isolat 13B hasil isolasi kolon sapi bali. Karakterisasi fisikokimia BAL diawali dengan melakukan uji pewarnaan gram dan uji katalase, selanjutnya isolasi dan pemurnian bakteriosin dari isolat 13B. Hasil dari pemurnian bakteriosin selanjutnya diuji secara kimiawi dengan uji Ninhidrin, uji Molisch, dan uji Lowry. Bakteriosin juga diuji potensi daya hambatnya terhadap bakteri Bacillus cereus, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli. Hasil dari penelitian menunjukkan bakteriosin asal bakteri asam laktat isolat 13B diketahui senyawa protein dengan berat molekul kurang dari 10 kDa dan mempunyai aktivitas antimikrobial terhadap bakteri Bacillus cereus, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-18
How to Cite
PRATIWI, Ni Putu Iin Intan; SUARDANA, I Wayan; SUARSANA, I Nyoman. Karakterisasi Fisikokimia dan Uji Aktivitas Bakteriosin dari Bakteri Asam Laktat Isolat 13 B Hasil Isolasi Kolon Sapi Bali. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 278-287, aug. 2017. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/36035>. Date accessed: 26 sep. 2020.
Section
Articles