MAKROFAG PENGEKSPRESI IL-1? SERTA RESPONS INFLAMASI SISTEMIK PADA FIKSASI INTERNA DINI FRAKTUR FEMUR TERTUTUP LEBIH RENDAH DIBANDINGKAN DENGAN YANG TERTUNDA

  • P. Astawa
  • M. Bakta
  • Budha K.

Abstract

Fiksasi interna merupakan salah satu modalitas terapi dalam penangananfraktur. Fiksasi interna dini dan tertunda masih menjadi suatu perdebatan karenaadanya perbedaan komplikasi yang ditimbulkan, terutama yang berhubungandengan respons inflamasi sistemik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiperbedaan makrofag pengekspresi IL-1? (dengan pengecatan imuno histokimia)antara saat tindakan fiksasi interna dini dan tertunda serta untuk mengetahuiperbedaan respons inflamasi sistemik ( IL-6 sebagai marker) pascafiksasi internadini dan tertunda pada fraktur femur tertutup.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental " post test onlycontrol group design". Penelitian ini dilakukan di Bagian Bedah RSUP SanglahDenpasar dengan besar sampel dihitung dengan rumus Pocock. Kemudiandilakukan uji normalitas K-S, t test, t-paired test dan uji korelasi.Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa (1) terdapat perbedaan bermaknaantara makrofag pengekspresi IL-1? pada saat perlakuan (hari I) dan makrofag saatkontrol (hari III-V) (2.37±2.98 % vs 4.99±4.89 %, p<0.05) dan (2) terdapatperbedaan yang bermakna kadar IL-6 serum sesudah fiksasi interna antarakelompok fiksasi interna dini dan tertunda (51,17± 23,19 pg/ml vs 95,39± 80pg/ml, p<0.05).Dari penelitian ini dapat dibuat suatu kesimpulan, yaitu (1) reaksi inflamasisekitar lokasi fraktur lebih rendah pada fiksasi interna dini daripada pada fiksasiinterna tertunda dan (2) kadar IL-6 pasca fiksasi interna dini lebih rendah daripada yang tertunda, dan kadar IL-6 serum sebelum fiksasi interna dapat dipakaisebagai prediktor kadar IL-6 pascafiksasi interna.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

P. Astawa
Program Pascasarjana S3 Universitas Udayana.
M. Bakta
Program Pascasarjana S3 Universitas Udayana.
Budha K.
Program Pascasarjana S3 Universitas Udayana.
How to Cite
ASTAWA, P.; BAKTA, M.; K., Budha. MAKROFAG PENGEKSPRESI IL-1? SERTA RESPONS INFLAMASI SISTEMIK PADA FIKSASI INTERNA DINI FRAKTUR FEMUR TERTUTUP LEBIH RENDAH DIBANDINGKAN DENGAN YANG TERTUNDA. INDONESIAN JOURNAL OF BIOMEDICAL SCIENCES, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2302-2906. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ijbs/article/view/3662>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Fiksasi interna dini, fiksasi interna tertunda, makrofag pengekspresi IL-1?, respons inflamasi sistemik