KOTRA Sebagai Upaya Diplomasi Publik Korea Selatan dalam Meningkatkan Kekuatan Ekonominya di Indonesia

  • Jasmine Shafa Dwian Universitas Udayana
  • Sukma Sushanti
  • A.A. Bagus Surya Widya Nugraha

Abstract

Hubungan diplomatik Korea Selatan dengan Indonesia yang terjalin cukup lama telah melahirkan berbagai bentuk proses kegiatan perdagangan dan investasi asing. Hal tersebut didukung dengan adanya upaya Korea Selatan membangun perekonomiannya melalui KOTRA (Korea Trade Investment Promotion Agency) sebagai affiliate agency yang berada dibawah naungan MOTIE (Ministry of Trade, Investment and Energy). Proses tersebut terjadi dengan adanya perkembangan arus globalisasi dan IPTEK yang begitu pesat dan kemudian melahirkan era baru dinamai sebagai Information Age Era. Pada era tersebut, terlahirnya berbagai aktor baru di panggung dunia internasional seperti KOTRA telah menunjukkan bagaimana proses negara dalam mengoptimalisasikan aktor baru dalam meningkatkan soft power mereka. Tidak hanya aktor, tetapi juga berbagai variasi baru dari instrumen diplomasi publik yang kemudian bermunculan di era ini. KOTRA menjadi representasi dari proses tersebut dan mengemban tugas utamanya dalam membangun perekonomian Korea Selatan guna meningkatkan kekuatan ekonominya dengan negara-negara mitra yang pada penelitian kali ini adalah di Indonesia. Adapaun hasil yang didapatkan pada penelitian ini bahwa terdapat efek positif dari optimalisasi diplomasi publik KOTRA terhadap kegiatan perdagangan dan investasi Korea Selatan di Indonesia. Guna memahami proses tersebut penelitian ini akan menjabarkan peran KOTRA menggunakan konsep soft power dan diplomasi publik. Penelitian ini menggunakan metodologi eksplanatif-kualitatif yang menggunakan data sekunder bersumber dari buku, jurnal, laporan digital KOTRA, laman dan platform digital KOTRA serta sumber berita terkait. 



Kata-kunci : Agensi Afiliasi, Diplomasi Publik, Korea Selatan, Peran KOTRA, Soft Power

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-09
How to Cite
DWIAN, Jasmine Shafa; SUSHANTI, Sukma; WIDYA NUGRAHA, A.A. Bagus Surya. KOTRA Sebagai Upaya Diplomasi Publik Korea Selatan dalam Meningkatkan Kekuatan Ekonominya di Indonesia. DIKSHI (DISKUSI ILMIAH KOMUNITAS HUBUNGAN INTERNASIONAL), [S.l.], v. 4, n. 4, p. 265-280, jan. 2025. ISSN 2828-1853. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/view/109720>. Date accessed: 30 jan. 2025.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 5 6 7 8 9 10