KORELASI ANTARA AKTIVITAS ADENOSINE DEAMINASE (ADA) CAIRAN PLEURA DAN HASIL LEUKOSIT CAIRAN PLEURA PADA PENDERITA EFUSI PLEURA

  • Pande Putu Ayu Patria Dewi 1Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Udayana University, Denpasar, Indonesia.
  • Aryati Aryati Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.
  • Leonita Anniwati Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.
  • Isnin Anang Marhana 3Department of Pulmonology and Respiratory Medicine, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.

Abstract

Efusi pleura merupakan kumpulan cairan abnormal di ruang pleura. Diagnosis efusi pleura selain berdasarkan keluhan dan gejala klinis memerlukan berbagai pemeriksaan penunjang seperti radiografi, analisis cairan pleura. Adenosine deaminase merupakan enzim yang terlibat pada proses katabolisme purin. Enzim ini memegang peranan penting pada diferensiasi sel limfoid. Pemeriksaan aktivitas adenosine deaminase (ADA) telah lama digunakan sebagai penunjang diagnosis tuberkulosis karena cepat, murah, dan memiliki sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi. Pemeriksaan analisis cairan pleura masih menjadi pemeriksaan utama pada penderita dengan efusi pleura untuk membantu penegakan diagnosis dan etiologi efusi pleura. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan aktivitas ADA cairan pleura dan hasil leukosit cairan pleura pada penderita efusi pleura. Jenis penelitian adalah penelitian observasional cross-sectional. Pemeriksaan aktivitas ADA dilakukan pada cairan pleura. Pemeriksaan aktivitas ADA dikerjakan dengan metode fotometri (cara Non Giusti) menggunakan reagen Diazyme dengan alat TMS 24i Premium. Pemeriksaan hitung sel leukosit menggunakan metode otomatis dengan prinsip flow cytometry menggunakan laser optic dengan alat Sysmex XN-1000. Subyek penelitian adalah 40 pasien efusi pleura dengan diagnosis keganasan, tuberkulosis, dan penyakit sistemik. Hasil analisis menunjukkan terdapat korelasi antara aktivitas ADA pada cairan pleura dan hitung sel leukosit untuk seluruh subyek penelitian (r = 0,495 dan p = 0,001). Korelasi antara aktivitas ADA pada cairan pleura dengan sel polimononuklear didapatkan r=0,521 dengan p = 0,001 sedangkan korelasi positif tidak bermakna ditunjukkan antara aktivitas ADA pada cairan pleura dengan sel mononuclear dengan r=0,228 dan p=0,157


Kata kunci. Adenosine deaminase, cairan pleura, leukosit

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pande Putu Ayu Patria Dewi, 1Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Udayana University, Denpasar, Indonesia.

1Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Udayana University, Denpasar, Indonesia.

Aryati Aryati, Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.

Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.

Leonita Anniwati, Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.

Department of Clinical Pathology, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.

Isnin Anang Marhana, 3Department of Pulmonology and Respiratory Medicine, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.

3Department of Pulmonology and Respiratory Medicine, Faculty of Medicine Airlangga University, Surabaya, Indonesia.

Published
2023-03-14
How to Cite
PATRIA DEWI, Pande Putu Ayu et al. KORELASI ANTARA AKTIVITAS ADENOSINE DEAMINASE (ADA) CAIRAN PLEURA DAN HASIL LEUKOSIT CAIRAN PLEURA PADA PENDERITA EFUSI PLEURA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 6-11, mar. 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/99217>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i03.P02.