FACTORS THAT INFLUENCE MUSCULOSKELETAL DISORDERS COMPLAINTS IN WEAVING CRAFTSMEN AT DIAN'S RUMAH SONGKET AND ENDEK, GELGEL VILLAGE, KLUNGKUNG REGENCY, BALI

  • A.A.Sg.Istri Anom Praba Arthasari Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Widianti
  • Muliani .
  • Yuliana .

Abstract

Latar Belakang: Musculoskeletal Disorders (MSDs) adalah rasa tidak nyaman yang dirasakan pada bagian otot skelet dengan variasi keluhan ringan hingga berat. Rasa tidak nyaman ini dapat diakibatkan oleh posisi statis yang diterima oleh otot. Sikap kerja statis pada pengrajin tenun dengan waktu lama dapat menimbulkan terjadinya keluhan pada otot di bagian tertentu.


Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keluhan MSDs pada pengrajin tenun di Dian’s Rumah Songket dan Endek, Desa Gelgel, Kabupaten Klungkung, Bali.


Metode: Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan desain studi potong lintang (cross sectional). Pengambilan data dilakukan hanya satu kali pada setiap responden.


Hasil dan Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengrajin tenun yang mengalami keluhan ringan sebanyak 35 responden (77,8%) dan keluhan sedang sebanyak 10 responden (22,2%). Dari hasil uji statistik menggunakan Chi Square pada pengrajin tenun didapatkan postur kerja (p=0,031), durasi kerja (p=0,040), usia (p=0,041), indeks massa tubuh (p=0,612), dan masa kerja (p=0,040). Keluhan MSDs pada pengrajin tenun di Dian’s Rumah Songket dan Endek, Desa Gelgel, Kabupaten Klungkung, Bali ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu postur kerja, durasi kerja, usia, dan masa kerja.


Kata kunci : Pengrajin tenun, keluhan MSDs, Faktor-faktor yang mempengaruhi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

A.A.Sg.Istri Anom Praba Arthasari, Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2024-03-20
How to Cite
ANOM PRABA ARTHASARI, A.A.Sg.Istri et al. FACTORS THAT INFLUENCE MUSCULOSKELETAL DISORDERS COMPLAINTS IN WEAVING CRAFTSMEN AT DIAN'S RUMAH SONGKET AND ENDEK, GELGEL VILLAGE, KLUNGKUNG REGENCY, BALI. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 108-113, mar. 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/95833>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2024.V13.i03.P16.