HUBUNGAN USIA, JENIS KELAMIN, DAN PEKERJAAN TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN PENDERITA OSTEOARTRITIS LUTUT BERDASARKAN KELLGREN-LAWRENCE DI RSUP SANGLAH DENPASAR

  • M Rifqi Dhaifullah Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • Putu Feryawan Meregawa Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Wien Aryana Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • I Wayan Subawa Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Abstract

Latar Belakang: Osteoartritis (OA) lutut merupakan penyakit pada sendi lutut yang paling umum terjadi. OA lutut umumnya terjadi pada lanjut usia, wanita, dan seseorang dengan pekerjaan berat yang derajat keparahannya dapat dinilai berdasarkan klasifikasi Kellgren-Lawrence. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara usia, jenis kelamin, dan pekerjaan terhadap derajat keparahan OA lutut berdasarkan kriteria Kellgren-Lawrence di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode potong-lintang analitik. Data penelitian merupakan data sekunder pasien OA lutut yang terdaftar dalam rekam medis RSUP Sanglah kota Denpasar periode Januari 2019 – Desember 2020 dan sudah menjalani pemeriksaan radiografi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik consecutive sampling dan didapatkan 52 data yang memenuhi kriteria penelitian. Analisa data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil: Ditemukan hubungan positif yang cukup antara pekerjaan dengan derajat Kellgren-Lawrence (p = 0,001; r = 0,417). Ditemukan juga hubungan negatif yang lemah antara usia dengan derajat Kellgren-Lawrence (p = 0,040; r = -0,260). Namun, tidak ditemukan adanya hubungan antara jenis kelamin dengan derajat Kellgren-Lawrenece (p = 0,951). Simpulan: Pekerjaan memiliki hubungan yang lebih kuat terhadap derajat keparahan penderita OA lutut berdasarkan Kellgren-Lawrence di RSUP Sanglah Denpasar dibandingkan dengan usia dan jenis kelamin.


Kata kunci :  Jenis kelamin, Kellgren-Lawrence, osteoartritis lutut, pekerjaan, usia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-22
How to Cite
DHAIFULLAH, M Rifqi et al. HUBUNGAN USIA, JENIS KELAMIN, DAN PEKERJAAN TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN PENDERITA OSTEOARTRITIS LUTUT BERDASARKAN KELLGREN-LAWRENCE DI RSUP SANGLAH DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 107-112, feb. 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/80548>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i01.P18.