HUBUNGAN MINUM KOPI SECARA RUTIN DALAM JANGKA WAKTU LIMA TAHUN ATAU LEBIH TERHADAP TEKANAN DARAH PENDUDUK DI KOTA DENPASAR

  • Anthony Wijaya
  • I Wayan Surudarma
  • Desak Made Wihandani
  • I Wayan Gede Sutadarma

Abstract

ABSTRAK


Kopi ialah salah satu minuman non-alkoholik yang dikonsumsi secara luas di masyarakat. Peningkatan tekanan darah karena mengonsumsi kopi disebabkan oleh kafein dengan mengikat reseptor adenosin, mengaktivasi sistem saraf simpatik, dan meningkatkan produksi hormon kortisol. Penelitian berikut ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi minum kopi serta frekuensi minum kopi terhadap tekanan darah sistolik dan diastolik penduduk di Denpasar. Penelitian berikut dikategorikan sebagai analitik observasional dengan menggunakan metode potong lintang yang menggunakan 100 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hubungan lemah antara durasi minum kopi dan frekuensi minum kopi terhadap tekanan darah sistolik dengan nilai signifikansi yaitu 0,007 dan 0,044 serta koefisien korelasi R berturut-turut menunjukan nilai 0,266 dan 0,201. Namun, tidak ditemukannya hubungan bermakna terhadap tekanan darah diastolik dengan nilai signifikansi sebesar 0,652 dan 0,082 serta koefisien korelasi R berturut-turut menunjukan nilai 0,045 dan 0,174. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan minum kopi secara rutin dalam jangka waktu lima tahun atau lebih terhadap tekanan darah penduduk di Kota Denpasar.


Kata kunci: kopi, sistolik, diastolik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anthony Wijaya

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

I Wayan Surudarma

2Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Desak Made Wihandani

2Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

I Wayan Gede Sutadarma

2Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Published
2021-01-28
How to Cite
WIJAYA, Anthony et al. HUBUNGAN MINUM KOPI SECARA RUTIN DALAM JANGKA WAKTU LIMA TAHUN ATAU LEBIH TERHADAP TEKANAN DARAH PENDUDUK DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 97-102, jan. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/73725>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i1.P18.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>