STATUS NUTRISI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS UDAYANA BERDASARKAN INDEKS MASSA TUBUH, KOMPOSISI 3-BAGIAN TUBUH, DAN AKTIVITAS FISIK

  • Marthin Alexander Rocky
  • Gde Ngurah Idraguna Pinatih

Abstract

ABSTRAK


Nutrisi merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Berdasarkan dari hasil survey Riskesdas tahun 2013, prevalensi dari berat badan berlebih atau obesitas menunjukkan adanya peningkatan jumlah dari tahun 2007-2013. Hal ini menunjukkan penurunan signifikan pada status kesehatan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kondisi kesehatan tenaga kesehatan di Indonesia, dimulai dari tempat yang terdekat yaitu Fakultas Kedokteran di Univeristas Udayana. Rancangan penelitian menggunakan observasional dekskriptif cross-sectional design, dilakukan selama 12 hari, yaitu dimulai pada tanggal 1 November 2017 hingga 11 November 2017. Subjek penelitian didapatkan secara acak dengan menggunakan metode random sampling dan diseleksi menggunakan kriteria inklusi, eksklusi, serta drop-out, yang kemudian didapatkan berjumlah 69 responden yang merupakan mahasiswa di program studi pendidikan dokter. Status nutrisi didapatkan melalui pemeriksaan fisik berupa pemeriksaan IMT dan lipatan kulit, serta pemberian kuesioner mandiri atau International Physical Activity Questionnaire (IPAQ). SPSS untuk Windows versi 21 juga digunakan pada penelitian ini untuk memroses data yang didapatkan. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden pria (53,8%) dan wanita (58,1%) mendapatkan hasil status nutrisi yang kurang. Salah satu hal yang berkontribusi terbesar terhadap status nutrisi mereka adalah aktivitas fisik yang dilakukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kedua jenis kelamin, pria (46,1%) dan wanita (69,8%) dari keseluruhan total responden, cenderung memiliki pola aktivitas fisik yang rendah atau inaktif. Sementara hasil dari pemeriksaan IMT dan lipat kulit, didapatkan hasil yang baik, dimana responden pria (84,6%) dan wanita (79,1%) berada dalam batas normal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa kedokteran memiliki status nutrisi yang kurang dan yang berkontribusi terbesar terhadap hal tersebut adalah aktivitas fisik.


Kata Kunci: Indeks massa tubuh, komposisi 3 bagian tubuh, IPAQ, status nutrisi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Marthin Alexander Rocky

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Gde Ngurah Idraguna Pinatih

2Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas dan Ilmu Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2020-10-18
How to Cite
ROCKY, Marthin Alexander; PINATIH, Gde Ngurah Idraguna. STATUS NUTRISI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS UDAYANA BERDASARKAN INDEKS MASSA TUBUH, KOMPOSISI 3-BAGIAN TUBUH, DAN AKTIVITAS FISIK. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 9, p. 87-92, oct. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/66153>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i9.P14.