KARAKTERISTIK LOW BACK PAIN PADA PEMERIKSAAN MAGNETIC RESONANCE IMAGING DI RSUP SANGLAH PERIODE JANUARI 2017– DESEMBER 2017

  • Putu Gede Wahyu Darmayuda
  • Putu Patriawan
  • I Made Dwijaputra Ayusta
  • Firman Parulian Sitanggang

Abstract

Low Back Pain (LBP) adalah masalah umum yang melibatkan otot punggung dan tulang belakang. Dimana LBP dapat disebabkan oleh kondisi seperti spondilolisis–spondilolistesis, HNP, infeksi, tumor, fraktur dan gangguan pada tulang belakang lainnya. Salah satu metode diagnosis yang paling efektif yang selalu dipakai adalah Magnetic Resonance Imaging (MRI). MRI diunggulkan sebagai teknik penggambaran yang paling sempurna untuk mendeteksi LBP karena memiliki jaringan dengan kontras tinggi dan tanpa radiasi pengion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Low Back Pain pada pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging di RSUP Sanglah/FK Unud. Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif cross sectional, penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu rekam medis pasien LBP dengan metode pemeriksaan MRI di RSUP Sanglah/FK Unud pada periode Januari 2017–Desember 2017. Pengambilan data di ambil dengan metode Total Sampling. Distribusi variabel penelitian yaitu jenis kelamin, umur dan diagnosis. Analisis data dipaparkan dengan tabel yang dinarasikan. Didapatkan hasil sebanyak 138 pasien LBP dengan metode pemeriksaan MRI, didapatkan jenis kelamin terbanyak yaitu pada laki-laki dengan persentase sebesar 63% dibandingkan dengan perempuan, kategori umur yang paling banyak mengalami LBP dan melakukan pemeriksaan MRI yaitu pada Masa Tua (40-65 tahun) didapatkan persentase sebesar 61,6% dari total sampel, HNP merupakan diagnosis paling sering dengan persentase 86,2% pada pasien LBP yang menggunakan metode diagnosis MRI.


Kata Kunci: Low Back Pain, Magnetic Resonance Imaging, HNP

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putu Gede Wahyu Darmayuda
  1. Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Putu Patriawan

  2. Instalasi Radiologi dan Rekam Medis RSUP Sanglah Denpasar

I Made Dwijaputra Ayusta
  1. Instalasi Radiologi dan Rekam Medis RSUP Sanglah Denpasar
Firman Parulian Sitanggang
  1. Instalasi Radiologi dan Rekam Medis RSUP Sanglah Denpasar
Published
2020-02-03
How to Cite
DARMAYUDA, Putu Gede Wahyu et al. KARAKTERISTIK LOW BACK PAIN PADA PEMERIKSAAN MAGNETIC RESONANCE IMAGING DI RSUP SANGLAH PERIODE JANUARI 2017– DESEMBER 2017. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 51-55, feb. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/59358>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i2.P09.

Most read articles by the same author(s)