GAMBARAN KLINIS EFEK SAMPING KEMOTERAPI PADA PASIEN LIMFOMA MALIGNA YANG DIRAWAT DI RSUP SANGLAH DENPASAR PERIODE JANUARI 2015 – AGUSTUS 2016

  • Ni Putu Yeni Rosita Parastuti
  • Ni Made Renny A. Rena

Abstract

Limfoma merupakan suatu keganasan imunologi yang berasal dari sel limfosit yang tak terkontrol pertumbuhannya dan menumpuk di kelenjar limfe. Kejadian Limfoma Maligna di RSUP Sanglah terbilang cukup tinggi. Kemoterapi adalah pilihan terapi yang paling sering digunakan pada penderita Limfoma Maligna di RSUP Sanglah. Tujuan studi ini untuk mengetahui gambaran klinis efek samping yang timbul dari pemakaian kemoterapi pada penderita Limfoma Maligna. Penelitian ini menggunakan rancangan studi deskriptif retrospektif. Sampelnya adalah pasien yang dirawat di RSUP Sanglah dan mendapat kemoterapi mulai dari Januari 2015 hingga Agustus 2016. Data sampel diperoleh dari rekam medis pasien limfoma maligna. Data yang diperoleh akan dianalisa secara deskriptif, dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Dari 67 sampel yang dicatat didapatkan delapan jenis obat kemoterapi yang digunakan dalam terapi limfoma maligna di RSUP Sanglah, diantaranya Rituximab, Cyclophosphamide, Vincristine, Doxorubicin, Prednisone, Carboplatin, Etoposide, dan Cisplatin yang dikombinasi menjadi enam regimen kemoterapi. Enam puluh tujuh pasien Limfoma Maligna terdiri dari 40 (59,7%) laki-laki dan 27 (40,3%) perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah efek samping hematologi yang tertinggi pada keenam regimen adalah anemia dan neutropenia. Sedangkan efek samping non-hematologi yang tertinggi adalah nyeri, gangguan ginjal akut, gangguan saluran pencernaan, gangguan fungsi hati, dan demam.


Kata kunci: Efek Samping, Kemoterapi, Limfoma Maligna  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Putu Yeni Rosita Parastuti

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Made Renny A. Rena

2Divisi Hematologi Onkologi Medik Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Sanglah

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2020-01-02
How to Cite
ROSITA PARASTUTI, Ni Putu Yeni; RENNY A. RENA, Ni Made. GAMBARAN KLINIS EFEK SAMPING KEMOTERAPI PADA PASIEN LIMFOMA MALIGNA YANG DIRAWAT DI RSUP SANGLAH DENPASAR PERIODE JANUARI 2015 – AGUSTUS 2016. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 27-32, jan. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/57822>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/eum.2020.v09.i01.p06.