HUBUNGAN ANTARA DURASI TIDUR DENGAN SUSTAINED ATTENTION PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
ABSTRAK
Sustained attention merupakan kemampuan untuk mempertahankan atensi yang
berkepanjangan. Atensi diperlukan untuk dapat mempertahankan kualitas pembelajaran mahasiswa,
dimana sustained attention memegang peranan didalamnya. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal,
salah satu diantaranya adalah durasi tidur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara durasi tidur dengan sustained attention pada mahasiswa Program Studi Pendidikan
Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.Penelitian ini menggunakan desain penelitian
analitik cross-sectional dengan menggunakan data primer. Populasi sampel penelitian ini adalah
mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan
metode random sampling yang menghasilkan 136 sampel. Mahasiswa melakukan pengisian kuesioner
untuk mengetahui durasi tidur serta melakukan tes PC-PVT untuk mengetahui tingkat sustained
attention.Hasil analisis menggunakan SPSS 21 dengan uji korelasi Spearman menunjukkan adanya
hubungan yang signifikan antara durasi tidur dengan performa PC-PVT. Terdapat korelasi negatif
antara durasi tidur dengan dua variabel hasil dari pemeriksaan atensi yaitu maxRT (r= -0,305;
p=0,000) dan meanRT (r= -0,227; p=0,008) dimana apabila semakin pendek durasi tidur, semakin
tinggi hasil dari maxRT dan meanRT. Hasil analisis membuktikan adanya hubungan antara durasi
tidur dengan sustained attention, sehingga disarankan agar Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memiliki rentang durasi tidur yang cukup untuk
kualitas pembelajaran yang lebih baik.
Kata Kunci: Sustained Attention, Tidur, PC-PVT