PREVALENSI METASTATIC BONE DISEASE (MBD) BERDASARKAN UMUR, LOKASI, DAN TUMOR PRIMER DI RSUP SANGLAH/FK UNUD PERIODE 2013-2017

  • Dewa Ayu Karunia Dewi
  • Gde Eka Wiratnaya
  • Gede Budhi Setiawan

Abstract

Metastasis merupakan penyebaran kanker dari bagian tubuh utama saat kanker itu dimulai ke bagian lain dari tubuh tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Prevalensi Metastatic Bone Disease (MBD) berdasarkan Umur, Lokasi, dan Tumor Primer di RSUP Sanglah/FK Unud Periode 2013-2017.Penelitian ini adalah suatu penelitian cross sectional deskriptif untuk mengetahui prevalensi dan distribusi umur , lokasi , dan tumor primer penderita MBD di RSUP Sanglah, Denpasar. Berdasarkan data umur didapatkan umur 45-64 paling banyak mengalami MBD. Lokasi metastase terbanyak yaitu pada tulang femur yang merupakan tulang panjang. Asal tumor primer terbanyak pada MBD berdasarkan data yaitu Unknown Origin .Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan data umur didapatkan umur 45-64 paling banyak mengalami MBD yaitu 56,81% . Lokasi metastase terbanyak yaitu pada tulang femur 34,09 %. Asal tumor primer terbanyak yaitu Unknown Origin 31,81%. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan jangka waktu yang lebih banyak sehingga lebih dapat menggambarkan prevalensi MBD yang terjadi.


Kata kunci: Metastatic Bone Disease, tumor primer, lokasi,  prevalensi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewa Ayu Karunia Dewi

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Gde Eka Wiratnaya

2SMF Ortopedi dan Traumatologi RSUP Sanglah Denpasar

Gede Budhi Setiawan

SMF Bedah RSUP Sanglah Denpasar

Published
2019-08-07
How to Cite
KARUNIA DEWI, Dewa Ayu; WIRATNAYA, Gde Eka; SETIAWAN, Gede Budhi. PREVALENSI METASTATIC BONE DISEASE (MBD) BERDASARKAN UMUR, LOKASI, DAN TUMOR PRIMER DI RSUP SANGLAH/FK UNUD PERIODE 2013-2017. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 8, aug. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/51811>. Date accessed: 28 feb. 2024.