PERBEDAAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA DI RUANG SGD (SMALL GROUP DISCUSSION) SEKAT DAN PERMANEN

  • Belinda Wiraanjani

Abstract

Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting dalam perancangan sebuah ruang. Pengaturan pencahayaan harus secara hati – hati ditangani di tiap sekolah maupun universitas karena pencahayaan sangat penting untuk kualitas kinerja pelajar. Intensitas cahaya yang diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan bergantung dari jenis kegiatan yang dilakukan. Secara umum kualitas pencahayaan dapat meningkatkan produktivitas dan juga konsentrasi pelajar. Penilaian menggunakan Continuous Performance Task (CPT) dapat memberikan gambaran tentang konsentrasi dari mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pencahayaan terhadap daya konsentrasi mahasiswa pada ruang dengan intensitas pencahayaan tinggi dan rendah di ruang SGD permanen dan sekat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Telah dilaksanakan penelitian dengan studi cross sectional pada mahasiswa semester 6 tahun ajaran 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Penelitian ini menggunakan 100 orang sampel, 44 orang laki – laki dan 56 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan pada saat jam pelajaran selesai dengan menggunakan analisis test CPT pada ruang SGD permanen dan sekat dalam waktu yang bersamaan dan kemudian diulang kembali hingga sampel terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara intensitas cahaya dengan daya konsentrasi, didapatkan nilai X2 = 54,782 (X2> CV (3,841)), dan nilai  p = 0,000 (p<0,05), nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang lebih baik dan bermakna antara konsentrasi belajar mahasiswa di ruang SGD permanen yang memiliki intensitas pencahayaan tinggi dan SGD sekat dengan intensitas pencahayaan rendah.


Kata kunci : konsentrasi belajar, SGD permanen, SGD sekat, pencahayaan


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Belinda Wiraanjani
  1. Program Studi Pendidikan Dokter
Published
2019-02-19
How to Cite
WIRAANJANI, Belinda. PERBEDAAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA DI RUANG SGD (SMALL GROUP DISCUSSION) SEKAT DAN PERMANEN. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 2, feb. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/48605>. Date accessed: 25 apr. 2024.