HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ENERGI, ASUPAN PROTEIN DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP STATUS GIZI PENDUDUK LANJUT USIA DI WILAYAH KERJA UPT KESMAS BLAHBATUH II, KECAMATAN BLAHBATUH, KABUPATEN GIANYAR

  • Putu Dewi Ari Wulandari
  • Gede Wirata
  • Citra Wulan Sucipta Putri

Abstract

Perubahan yang terjadi pada orang lanjut usia (lansia) mengarah pada  kemunduran kesehatan fisik dan psikis. Status gizi lansia dipengaruhi oleh pola konsumsi energi dan protein, status kesehatan, pengetahuan, ekonomi dan lingkungan.Data dari UPT Kesmas Blahbatuh II tahun 2013 jumlah penduduk lansia di wilayah kerja UPT Kesmas Blahbatuh II sebanyak 2438 jiwa.Sebanyak 50% lansia beraktivitas di bawah terik matahari.Informasi rata-rata kunjungan  lansia berumur 60 tahun ke atas ke posyandu lansia pada bulan Juli hingga Oktober 2013 sekitar 651 jiwa lansia (26.7%). Lansia yang datang tersebut tidak dilakukan pengukuran antropometri sehingga tidak diketahui status gizinya.Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran status gizi lansia dan hubungan antara asupan enegi, asupan protein dan aktivitas fisik terhadap status gizi lansia di wilayah kerja UPT KESMAS Blahbatuh II.Penelitian ini menggunakan teknik penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah lansia yang berumur ? 60 tahun di wilayah kerja UPT Puskesmas Blahbatuh II. Cara pengambilan sampel dengan teknik stratified samplingdan besar sampel adalah 80 orang. Analisis data dilakukan secara analitik observasional.Hasil penelitian terdapat 61.2% subjek berisiko mengalami malnutrisi, 20.0% subjek dengan status gizi baik dan 18.8% mengalami malnutrisi. Korelasi antara presentase angka kecukupan energi dengan besar MNA sangat signifikan (p=0.000) dengan arah korelasi positif (r=0.394). Korelasi antara presentase angka kecukupan protein dengan besar MNA sangat signifikan (p=0.002). dengan arah korelasi positif (r=0.347) sedangkan korelasi antara besar aktivitas fisik dengan besar MNA tidak signifikan (p=0.291).

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putu Dewi Ari Wulandari


Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana1


Gede Wirata
Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana1
Citra Wulan Sucipta Putri
Bagian Ilmu kedokteran Komunitas- Ilmu Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana2
How to Cite
WULANDARI, Putu Dewi Ari; WIRATA, Gede; SUCIPTA PUTRI, Citra Wulan. HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ENERGI, ASUPAN PROTEIN DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP STATUS GIZI PENDUDUK LANJUT USIA DI WILAYAH KERJA UPT KESMAS BLAHBATUH II, KECAMATAN BLAHBATUH, KABUPATEN GIANYAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], july 2015. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/15085>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Keywords

Status gizi lansia, asupan energi, asupan protein, aktivitas fisik