GAMBARAN RISIKO TROMBOSIS VENA PROFUNDA (TVP) PADA SALES PROMOTION GIRL (SPG) BERDASARKAN KRITERIA WELLS DI KOTA DENPASAR

  • Shelly Silvia Bintang
  • Luh Made Indah Sri Handari Adiputra

Abstract

Pekerjaan sebagai sales promotion girl (SPG) menuntut berdiri dalam posisi statis dalam waktu kerja yang cukup lama. Dalam sebuah jurnal kesehatan masyarakat tahun 2013 mendapatkan hasil semakin lama SPG bekerja maka semakin lama juga durasi mereka memakai sepatu hak tinggi semakin besar risiko untuk mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan sepatu hak tinggi. Gangguan dari aliran darah atau trombosis vena profunda (TVP) merupakan dampak yang ditimbulkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui angka tinggi pemakaian sepatu hak tinggi, angka pemakaian stocking dan gambaran SPG di Kota Denpasar yang memiliki risiko rendah, menengah dan tinggi mengalami TVP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif potong lintang. Subyek penelitian ini adalah 62 pegawai SPG yang bekerja di swalayan di Kota Denpasar. Skor kriteria Wells didapatkan untuk mengetahui gambaran risiko probabilitas TVP. Hasil gambaran risiko TVP pada SPG di Kota Denpasar berdasarkan kriteria Wells didapatkan 30 orang pekerja (48,38%) menunjukan risiko ringan, dan 30 orang pekerja lainnya (48,38%) menunjukan risiko menengah menderita TVP, sedangkan 2 orang pekerja (3,24%) menunjukan risiko tinggi. Sebagian besar pegawai SPG di kota Denpasar memiliki risiko rendah dan sedang probabilitas TVP.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Shelly Silvia Bintang
Program Studi Pendidikan Dokter
Luh Made Indah Sri Handari Adiputra

 

Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

 

How to Cite
SILVIA BINTANG, Shelly; HANDARI ADIPUTRA, Luh Made Indah Sri. GAMBARAN RISIKO TROMBOSIS VENA PROFUNDA (TVP) PADA SALES PROMOTION GIRL (SPG) BERDASARKAN KRITERIA WELLS DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], jan. 2015. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/11946>. Date accessed: 03 june 2020.

Keywords

gambaran, trombosis vena profunda, sales promotion girl, kriteria Wells, Denpasar