PREVALENSI STRES PSIKOSOSIAL DAN FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA SISWA – SISWI KELAS XII STUDI PENDIDIKAN IPA DAN IPS SMAN 6 DENPASAR

  • Wayan Diah Anima Winayaka Putri

Abstract

Stres merupakan respon keseimbangan tubuh dan pikiran terhadap perubahan. Remaja mengalami perubahan yang cepat secara fisik, kognitif, dan emosional. Perubahan tersebut awal stresor bagi setiap individu dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prevalensi stres psikososial dan faktor yang mempengaruhi pada siswa-siswi kelas XII studi pendidikan IPA dan IPS di SMAN 6 Denpasar. Sampel (n=141) adalah siswa-siswi kelas XII studi pendidikan IPA dan IPS yang dipilih dengan metode simple random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner tertutup. Data dianalisis dengan uji korelasi non-parametrik Kendall's tau_b dan Spearman's rho test. Simpulan penelitian ini adalah prevalensi stres psikososial ringan 73 orang (51.8%), sedang 52 orang (36,9%) dan stres psikososial berat sebanyak 16 orang (11,3%), sedangkan faktor yang mempengaruhi didominasi oleh faktor kebiasaan sampel. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap prevalensi stres psikososial (p>0,05) dan (r=0.075) menunjukkan adanya korelasi positif yang rendah. Remaja yang mengalami stres psikososial berat perlu diawasi agar tidak mengalami depresi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wayan Diah Anima Winayaka Putri

Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

How to Cite
WINAYAKA PUTRI, Wayan Diah Anima. PREVALENSI STRES PSIKOSOSIAL DAN FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA SISWA – SISWI KELAS XII STUDI PENDIDIKAN IPA DAN IPS SMAN 6 DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], jan. 2015. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/11945>. Date accessed: 03 july 2024.

Keywords

Stres psikososial, faktor yang mempengaruhi, siswa-siswi kelas XII