THE RELATIONSHIP OF AGE, BODY MASS INDEX (BMI),AND FREQUENCY OF REPETITIVE MOVEMENTS WITH THE INCIDENT OF CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS)IN WOMEN WITH THE HABIT OF WASHING CLOTHES BY HAND IN MUARA UNTU VILLAGE, MURUNG RAYA DISTRICT, CENTRAL KALIMANTAN PROVIN

  • Noor Reza Indah Lestari Universitas Palangka Raya
  • Sintha Nugrahini Universitas Palangka Raya
  • Dian Mutiasari Universitas Palangka Raya
  • Abi Bakring Balyas Universitas Palangka Raya
  • Nisa Kartika Komara Universitas Palangka Raya

Abstract

Sebagian besar wanita di Desa Muara Untu masih mencuci pakaian menggunakan tangan hampir setiap hari. Kecepatan tangan, posisi tangan yang ekstrim, gerakan berulang dengan tekanan dalam waktu yang lama dan genggaman pada saat mengucek pakaian yang menggunakan kekuatan adalah salah satu faktor resiko terjadinya Carpal Tunnel Syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, Body Mass Index, dan frekuensi gerakan repetitif dengan kejadian Carpal Tunnel Syndrome pada wanita yang mencuci pakaian menggunakan tangan di Desa Muara Untu Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini merupakan studi korelasi yang menggunakan desain Cross Sectional. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner Boston-Carpal Tunnel Questionare (BCTQ) dan kuesioner pemeriksaan fisik Phalen’s test. Berdasarkan analisis bivariat ditemukan bahwa hubungan usia dengan Carpal Tunnel Syndrom menghasilkan koefisien korelasi 0,318 dengan probabilitas 0,001, hubungan Body Mass Index dengan kejadian Carpal Tunnel Syndrome menghasilkan koefisien korelasi 0,111 dengan probabilitas 0,210, dan hubungan frekuensi gerakan repetitif dengan kejadian Carpal Tunnel Syndrome menghasilkan koefisien korelasi 0,077 dengan probabilitas 0,385. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara usia dengan kejadian Carpal Tunnel Syndrome dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Body Mass Index dan frekuensi gerakan repetitif dengan kejadian Carpal Tunnel Syndrome.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-26
How to Cite
LESTARI, Noor Reza Indah et al. THE RELATIONSHIP OF AGE, BODY MASS INDEX (BMI),AND FREQUENCY OF REPETITIVE MOVEMENTS WITH THE INCIDENT OF CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS)IN WOMEN WITH THE HABIT OF WASHING CLOTHES BY HAND IN MUARA UNTU VILLAGE, MURUNG RAYA DISTRICT, CENTRAL KALIMANTAN PROVIN. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 89-93, jan. 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/109861>. Date accessed: 16 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2024.V13.i01.P18.