HUBUNGAN CERVICAL SAGITTAL PARAMETER DAN DERAJAT DEGENERATIVE DISC DISEASE BERDASARKAN MRI DENGAN KUALITAS HIDUP BERDASARKAN NECK DISABILITY INDEX PADA PASIEN NYERI LEHER

  • Frieliany Ebbey Bato FK Universitas Hasanuddin

Abstract

Latar Belakang: Nyeri leher merupakan penyebab disabilitas paling umum keempat serta merupakan keluhan muskuloskeletal tersering kedua. Nyeri leher didefinisikan sebagai nyeri yang dirasakan dimana saja didaerah posterior tulang belakang leher, dari garis nuchal superior ke proscessus spinosus thoracal satu. Nyeri leher dapat menghambat aktivitas dan berpengaruh pada kualitas hidup yang diukur dengan kuisioner Neck Disability Index. Nyeri leher disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya karena perubahan degenerative pada discus, yang dinilai dengan menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI).


Tujuan: penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara Cervical Sagittal Parameter (CSP) dan derajat Degenerative Disc Disease (DDD) berdasarkan pemeriksaan MRI dengan kualitas hidup berdasarkan Neck Disability Index (NDI) pada pasien nyeri leher.


Metode: sebuah penelitian cross sectional yang dilaksanakan di Instalasi Radiologi RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar pada bulan September-November 2022. Sampel sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan adalah uji korelasi Spearman.


Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 18 sampel laki-laki (45%) dan 22 sampel perempuan (55%). Usia terbanyak adalah lansia rentang 46-65 tahun (70%). Grade DDD terbanyak yaitu grade IV sebanyak 21 sampel (52.5%) dan skor NDI tertinggi 68.0.


Kesimpulan: terdapat hubungan bermakna antara Degenerative Disc Disease dan Neck Disability Index score dengan nilai p 0,001 dan nilai r 0.763. Adapun untuk Cervical Sagittal Parameter dengan Neck Disability Index maupun Cervical Sagittal Parameter dengan derajat Degenerative Disc Disease tidak didapatkan adanya hubungan bermakna.


Kata kunci: cervical sagittal parameter, degenerative disc disease, neck disability index

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-03
How to Cite
BATO, Frieliany Ebbey. HUBUNGAN CERVICAL SAGITTAL PARAMETER DAN DERAJAT DEGENERATIVE DISC DISEASE BERDASARKAN MRI DENGAN KUALITAS HIDUP BERDASARKAN NECK DISABILITY INDEX PADA PASIEN NYERI LEHER. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 4, p. 45-52, apr. 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/102597>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2024.V13.i04.P09.