HUBUNGAN ANTARA EKSPRESI GALECTIN-3 DENGAN STADIUM FIGO DAN DERAJAT DIFERENSIASI PADA KARSINOMA OVARIUM TIPE SERUS DI RSUP PROF. DR. I. G. N. G. NGOERAH DENPASAR

  • Harry Mangara Pandapotan Sitorus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


 


Karsinoma ovarium tipe serus (KOS) merupakan histotipe karsinoma ovarium yang paling sering terjadi. Banyak protein yang diduga terlibat dalam karsinogenesis dan progresi karsinoma ovarium, salah satunya Galectin-3. Protein ini berkontribusi dalam pertumbuhan sel tumor, apoptosis, adhesi, angiogenesis, invasi, migrasi, metastasis, respon sistem imun, kemoresisten, dan inflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan ekspresi galectin-3 dengan stadium FIGO dan derajat diferensiasi pasien KOS di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan rancangan potong lintang dengan besar sampel 37. Stadium FIGO dan derajat diferensiasi dinilai dari preparat hematoxyllin-eosin. Ekspresi galectin-3 dinilai dengan metode imunohistokimia. Selanjutnya dilakukan analisis bivariat untuk menilai hubungan ekspresi galectin-3 dengan stadium FIGO dan derajat diferensiasi. Analisis menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan ekspresi galectin-3 dengan stadium FIGO (p=0,921), namun terdapat hubungan signifikan dengan derajat diferensiasi (p=0,005). Ekspresi galectin-3 tinggi seluruhnya ditemukan pada kasus KOS high grade (HG). Pada analisis risiko prevalensi didapatkan ekspresi galectin-3 tinggi memiliki risiko prevalensi 1,545 kali mengalami KOS-HG (IK95% 1,088-2,195). Sebagai simpulan, terdapat hubungan antara ekspresi galectin-3 dengan derajat diferensiasi pada pasien KOS di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah.


 


Kata kunci: Karsinoma ovarium tipe serus, Galectin-3, stadium FIGO,  derajat diferensiasi


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-10
How to Cite
PANDAPOTAN SITORUS, Harry Mangara. HUBUNGAN ANTARA EKSPRESI GALECTIN-3 DENGAN STADIUM FIGO DAN DERAJAT DIFERENSIASI PADA KARSINOMA OVARIUM TIPE SERUS DI RSUP PROF. DR. I. G. N. G. NGOERAH DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 5, p. 110-117, july 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/100759>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i05.P16.