Analisis Faktor – Faktor Pendorong Minat Mahasiswa Anggota Udayana Young Entrepreneur Community (UYEC) Universitas Udayana Menjadi Entrepreneur
Abstract
Indonesia terus menggalakkan peningkatan jumlah entrepreneur melalui gerakan kewirausahaan nasional. Universitas Udayana merupakan salah satu universitas yang memiliki UKM kewirausahaan dan mata kuliah kewirausahaan yang dapat mendorong minat mahasiswa menjadi entrepreneur. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh modal terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur, dan (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh ekpektasi pendapatan terhadap Minat mahasiswa menjadi entrepreneur.
Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang dikumpulkan menggunakan daftar pertanyaan yg telah dipersiapkan. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh mahasiswa anggota UKM kewirausahaan Universitas Udayana sebanyak 388 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 mahasiswa dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur, (2) lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur, dan (3) ekpektasi pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur. Mahasiswa yang benar-benar berminat menjadi wirausaha sebaiknya mengumpulkan modalnya sejak dini, serta tetap menentukan minat dari diri sendiri dahulu sebelum menentukan minat dari dorongan keluarga terutama orang tua.