PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • Komang Wididarma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Made Jember

Abstract

Kemiskinan dapat diturunkan dengan adanya penyelenggaraan pemerintahan daerah seperti melalui peningkatan IPM, PAD, dan pertumbuhan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh langsung indeks pembangunan manusia dan pendapatan asli terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali, 2) menganalisis pengaruh langsung indeks pembangunan manusia, pendapatan asli daerah, dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi Bali, 3) menganalisis pertumbuhan ekonomi memediasi pengaruh tidak langsung indeks pembangunan manusia dan pendapatan asli daerah terhadap kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi Bali. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis jalur (path analysis).. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan 72 titik pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) indeks pembangunan manusia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali, 2) pendapatan asli daerah tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali, 3) pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap kemiskinan  kabupaten/kota di Provinsi Bali, 4) indeks pembangunan manusia dan pendapatan asli daerah memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi Bali, 5) pertumbuhan ekonomi bukan sebagai variabel mediasi antara indeks pembangunan manusia, pendapatan asli daerah, dan kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi Bali.


Kata Kunci: indeks pembangunan manusia, pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-28
How to Cite
WIDIDARMA, Komang; JEMBER, Made. PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 7, p. 2982 - 3010, july 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/58290>. Date accessed: 29 mar. 2024.