PENGARUH JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN, PENGELUARAN WISATAWAN, DAN INVESTASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

  • Ni Gusti Ayu Dwi Asmari Student
  • I Ketut Sutrisna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah kunjungan wisatawan, pengeluaran wisatawan dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja di Provinsi Bali.  Penelitian ini dilakukan di wilayah Provinsi Bali. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data time series yang dimulai tahun 1998 hingga tahun 2017. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa jumlah kunjungan wisatawan, pengeluaran wisatawan dan investasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap penyerapan tenaga kerja. Jumlah kunjungan wisatawan, pengeluaran wisatawan, investasi dan penyerapan tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap pertumbuhan ekonomi, jumlah kunjungan wisatawan dan pengeluaran wisatawan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja di Provinsi Bali dan investasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja di Provinsi Bali.


Kata kunci: jumlah kunjungan wisatawan, pengeluaran wisatawan, investasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-29
How to Cite
DWI ASMARI, Ni Gusti Ayu; SUTRISNA, I Ketut. PENGARUH JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN, PENGELUARAN WISATAWAN, DAN INVESTASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 8, p. 3134 - 3163, aug. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/52046>. Date accessed: 25 apr. 2024.