ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DARI PASAR TRADISIONAL KE PASAR MODERN

  • MADE DESWITHASARASWATI Universitas Udayana
  • I WAYAN WENAGAMA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan pendapatan secara serempak terhadap perubahan pilihan konsumen, mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan pendapatan secara parsial terhadap perubahan perilaku konsumen dan mengetahui faktor yang berpengaruh dominan terhadap perubahan perilaku konsumen. Terdapat dua jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan formula Lameshow untuk populasi yang tidak diketahui. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Hasil perhitungan didapatkan bahwa sampel minimal berjumlah 100 orang yang pernah berbelanja di minimarket dan di pasar tradisional. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa harga, kualitas produk, lokasi, dan pendapatan secara serempak berpengaruh signfikan terhadap perubahan perilaku konsumen. Secara parsial, harga, kualitas produk, lokasi, dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap perubahan perilaku konsumen.


Kata kunci:  perilaku konsumen, lokasi toko, pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-18
How to Cite
DESWITHASARASWATI, MADE; WENAGAMA, I WAYAN. ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DARI PASAR TRADISIONAL KE PASAR MODERN. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 8, n. 10, p. 2344-2372, oct. 2019. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/45373>. Date accessed: 22 nov. 2024.