Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Kesejahteraan Masyarakat melalui Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kabupaten/Kota di Provinsi Bali Periode 2008-2013)

  • Ni Kadek Herni Wijayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ida Bagus Darsana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tujuan yang diharapkan oleh setiap daerah. Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukannya sumber-sumber pembiayaan, baik dari pusat maupun dari kemampuan daerah dalam menjaring pendapatan asli daerahnya. Sumber pembiayaan itulah yang nantinya digunakan untuk pelaksanaan pembangunan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan selanjutnya berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.  Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum terhadap kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan Path analysis sebagai teknik analisis. Hasil analisis menunjukkan PAD dan DAU memiliki pengaruh signifikan positif  terhadap pertumbuhan ekonomi. PAD dan DAU tidak berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan masyarakat, sedangkan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi merupakan variabel yang memediasi secara penuh dalam pengaruh PAD dan DAU terhadap kesejahteraan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-21
How to Cite
WIJAYANTI, Ni Kadek Herni; DARSANA, Ida Bagus. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Kesejahteraan Masyarakat melalui Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kabupaten/Kota di Provinsi Bali Periode 2008-2013). E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], oct. 2015. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/15512>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Keywords

pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat