EFEKTIVITAS DAN DAMPAK REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DAN JUMLAH KUNJUNGAN

  • Ni Kadek Nia Permatasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Nyoman Djinar Setiawina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Salah satu mata rantai dalam rantai bisnis perusahaan adalah pusat perbelanjaan. Pemerintah bertujuan untuk mengatasi kelemahan pasar tradisional dengan menghidupkan kembali pasar tradisional yaitu penataan pasar tradisional secara menyeluruh, dimulai dengan perbaikan lingkungan fisik dan non fisik dan diakhiri dengan pengelolaan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas dan dampak kebangkitan pasar tradisional terhadap pendapatan usaha dan jumlah kunjungan ke Pasar Anyar Sari Kota Denpasar. Untuk penelitian ini, 152 responden dipilih dari total populasi 590 dengan menggunakan metode random sampling. Analisis deskriptif dan uji diferensial dua dimensi dengan sampel berpasangan digunakan sebagai metode analisis data. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan variabel pendapatan, proses dan hasil menunjukkan bahwa program stimulasi pasar tradisional Pasar Anyar Sari cukup efektif yaitu 72,08 persen dan tradisional. Program stimulus pemasaran Pasar Anyar Sari berdampak positif terhadap pendapatan dan lalu lintas pedagang di Pasar Anyar Sari Kota Denpasar. Cukup efektifnya pelaksanaan program revitalisasi pasar tradisional Pasar Anyar Sari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-01
How to Cite
NIA PERMATASARI, Ni Kadek; DJINAR SETIAWINA, Nyoman. EFEKTIVITAS DAN DAMPAK REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DAN JUMLAH KUNJUNGAN. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 707-717, may 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/99240>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i04.p06.
Section
Articles