FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG SARANA UPAKARA DI DESA MENGWI KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG

  • I Made Taman Ayuk Universitas Tabanan
  • Ngurah Made Novianha Pynatih Universitas Tabanan
  • Ni Rai Artini Universitas Tabanan

Abstract

Kecamatan Mengwi adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Badung, juga terdapat subsektor perdagangan salah satunya adalah usaha perdagangan tradisional. Kecamatan Mengwi juga merupakan salah satu nama desa. Desa Mengwi merupakan salah satu desa yang terdiri dari 11 banjar dinas dan 13 banjar adat. Desa Mengwi merupakan pusat dari Kecamatan Mengwi yang masyarakatnya sangat antusias menjalankan tradisi dan budaya Bali, seperti membuat banten maupun sarana upakara dalam kehidupan beragama di Desa Mengwi. Hal tersebut menyebabkan banyaknya masyarakat Desa Mengwi yang memiliki profesi sebagai pedagang sarana upakara.


Metode yang digunakan dalam pengumpulan data primer dengan metode sensus. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 33 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pendapatan sebagai variabel dependen dan tiga variabel independen yaitu modal, lama usaha, dan lama pendidikan.


Berdasarkan hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai F hitung sebesar 131,840 dengan signifikansi F sebesar 0.000. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh nilai F tabel sebesar 2,93, maka F hitung (131,840) > F tabel (2,93) atau signifikansi F sebesar 0,000 menunjukkan lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel independen yaitu modal, lama usaha dan lama pendidikan secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap jumlah pendapatan pedagang sarana upakara di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Secara parsial variabel modal, lama usaha dan lama pendidikan berpengaruh secara nyata dan positif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-01
How to Cite
AYUK, I Made Taman; PYNATIH, Ngurah Made Novianha; ARTINI, Ni Rai. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG SARANA UPAKARA DI DESA MENGWI KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 2091-2101, nov. 2023. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/94619>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i10.p19.
Section
Articles