ANALISIS FAKTOR-FAKTOR TINGKAT PRODUKSI BATU BATA DI KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN TABANAN

  • I Gusti Ayu Meta Purmina Dewi Universitas Tabanan, Bali, Indonesia
  • I Nyoman Gede Marta Universitas Tabanan, Bali, Indonesia
  • Ni Gusti Ayu Putri Nuryanti Universitas Tabanan, Bali, Indonesia

Abstract

Keberadaan industri kecil dan menengah di Kabupaten Tabanan memiliki peranan dalam penyediaan lapangan usaha bagi masyarakat. Industri batu bata adalah salah satu sektor industri yang cukup berkembang pesat di Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal awal, tenaga kerja, jam kerja dan lama usaha secara parsial dan simultan terhadap produksi batu bata di Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan.


Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode uji asumsi klasik, koefisien determinasi berganda, regresi linier berganda, uji t (parsial) dan uji F (simultan).


Hasil dari penelitian didapat bahwa modal awal, tenaga kerja, lama usaha berpengaruh positif dan nyata secara parsial terhadap produksi batu bata di Desa Pandak Bandung, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Modal awal, tenaga kerja, jam kerja dan lama usaha berpengaruh positif dan nyata secara simultan terhadap produksi batu bata di Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-31
How to Cite
DEWI, I Gusti Ayu Meta Purmina; MARTA, I Nyoman Gede; PUTRI NURYANTI, Ni Gusti Ayu. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR TINGKAT PRODUKSI BATU BATA DI KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN TABANAN. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1421-1426, july 2023. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/94618>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i07.p17.
Section
Articles