SELF ASSESSMENT SYSTEM, TAX AVOIDANCE, TARIF PAJAK, TAX EVASION EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN BADAN PADA MASA PANDEMI

  • Anggi Anggita Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Gde Ary Wirajaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Efektivitas Penerimaan pajak penghasilan badan adalah kemampuan dan kesanggupan pemerintah dalam menggalang pajak yang didapatkan dari PPh badan yang sesuai tarif yang berlaku dan berdasarkan jumlah penerimaan pajak yang sudah ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Assessment System, Tax Avoidance, Tarif Pajak dan Tax Evasion Pada Efektivitas Penerimaan Pajak Penghasilan Badan pada masa pandemi. Data yang dikumpulkan menggunakan metode survey dengan teknik kuesioner melalui google form. Populasi penelitian adalah seluruh Account Representative KPP Denpasar Barat dan KPP Denpasar Timur dengan jumlah 48 Orang. Sampel diambil menggunaakan metode non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Analisis yang digunakan metode analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Self Assessment System dan Tarif Pajak berpengaruh posistif pada Efektivitas Penerimaan Pajak Penghasilan Badan, Tax Avoidance dan Tax Evasion berpengaruh negatif pada Efektivitas Penerimaan Pajak Penghasilan Badan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
How to Cite
PUTRI, Anggi Anggita; WIRAJAYA, I Gde Ary. SELF ASSESSMENT SYSTEM, TAX AVOIDANCE, TARIF PAJAK, TAX EVASION EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN BADAN PADA MASA PANDEMI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1027-1031, may 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/91608>. Date accessed: 30 june 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i05.p17.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)