PENGARUH INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI AUDITOR PADA KUALITAS AUDIT DENGAN DUE PROFESSIONAL CARE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) se-PROVINSI BALI

  • Komang Asri Pratiwi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Dr. I.B. Putra Astika Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh independensi dan kompetensi auditor pada kualitas audit melalui due professional care sebagai variabel pemediasi di Kantor Akuntan Publik se-Provinsi Bali. Kualitas audit merupakan variabel endogen dalam penelitian ini, independensi dan kompetensi sebagai variabel eksogen, sedangkan due professional care sebagai variabel pemediasi.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor di Kantor Akuntan Publik se-Provinsi Bali yang berjumlah 82 orang dengan sampel penelitian yang diperoleh yaitu 44 auditor berpengalaman. Analisis data yang digunakan adalah Uji  Partial Least Square ( PLS). Hasil uji PLS pada path coefficients menunjukkan independensi berpengaruh pada kualitas audit melalui due professional care. Hasil uji PLS pada path coefficients juga menunjukkan kompetensi berpengaruh pada kualitas audit melalui due professional care.  Saran terkait hasil penelitian ini adalah penelitian selanjutnya adalah penelitian ini hanya dilakukan diprovinsi Bali saja, untuk penelitian selanjutnya diharapkan melakukan penelitian di seluruh Indonesia. Selain itu, penelitian ini hanya menduga satu variabel pemediasi yaitu due professional care sebagai pemediasi hubungan antara independensi dan kompetensi pada kualitas audit, sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang diduga sebagai variabel pemediasi hubungan variabel tersebut.

Kata kunci : Kualitas audit, independensi, kompetensi,due professional care.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-12-23
How to Cite
ASRI PRATIWI, Komang; PUTRA ASTIKA, Dr. I.B.. PENGARUH INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI AUDITOR PADA KUALITAS AUDIT DENGAN DUE PROFESSIONAL CARE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) se-PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], dec. 2013. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/6882>. Date accessed: 16 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Kualitas audit, independensi, kompetensi,due professional care.