PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KINERJA UMKM: KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI MEDIATOR
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana strategi diferensiasi mempengaruhi hasil kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kreatif kerajinan emas mutiara di Kota Mataram. Penelitian ini didasarkan pada teori resource-based view (RBV). Keunggulan kompetitif digunakan sebagai variabel mediator dalam hubungan tersebut. Data dikumpulkan dari 57 pengrajin UMKM industri kerajinan emas mutiara di Sentra Kerajinan Sekarbela, Kota Mataram. Data dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja UMKM. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap UMKM. Namun, keunggulan bersaing tidak terbukti memberikan pengaruh mediasi yang signifikan dalam hubungan antara strategi diferensiasi dan kinerja UMKM. Pengaruh langsung dari penerapan strategi diferensiasi terhadap kinerja UMKM melebihi pengaruh tidak langsung yang dihasilkan melalui keunggulan bersaing. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi diferensiasi dalam meningkatkan kinerja UMKM, terutama pada industri yang menekankan pada diferensiasi produk dan desain baru. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi UMKM pada industri kreatif kerajinan emas mutiara di Kota Mataram dalam mengembangkan strategi diferensiasi untuk meningkatkan kinerja usaha.