STRATEGI ENDORSEMENT SELEBRITI KOREA SELATAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN: PERAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIATOR

  • Felia Fajar Imani Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Aria Ganna Henryanto Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Celebrity endorser Korea Selatan yang sedang marak membuat konsumen percaya dengan apa yang diiklankan sehingga dapat memberikan citra merek yang baik bagi produk tersebut. Penelitian ini akan membahas tentang salah satu produk bodycare lokal yang menggunakan Celebrity endorser. Metode dalam penelitian ini adalah positivist, kuantitatif dengan analisis data deduktif.. Kuesioner disebar melalui online dengan bantuan media G-form sebanyak 166 responden diperoleh dengan rentang usia 13-30 tahun, yang berdomisili di Surabaya, dan merupakan pengguna Scarlett Whitening. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa celebrity endorser dapat mempengaruhi brand image sebuah produk. Selanjutnya, Celebrity endorser memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dilihat dari uji hipotesis. Selain itu, uji hipotesis memberikan hasil signifikan variabel brand image terhadap keputusan pembelian. Citra merek yang baik tentu akan membuat konsumen mau memutuskan untuk membeli. Terakhir, melalui uji hipotesis yang sudah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa brand image berpengaruh dalam memediasi celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Saran bagi penelitian selanjutnya, yaitu diharapkan dapat mengembangkan variabel lain untuk mengkaji lebih dalam penelitian tentang celebrity endorser, brand image, dan keputusan pembelian serta dapat memperluas ruang lingkup penelitian untuk dapat mengembangkan penelitian ini yang hanya dilakukan di satu kota.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
IMANI, Felia Fajar; HENRYANTO, Aria Ganna. STRATEGI ENDORSEMENT SELEBRITI KOREA SELATAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN: PERAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIATOR. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 626-634, mar. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/111969>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i03.p20.
Section
Articles