PERAN MEDIASI DIGITAL MARKETING PADA PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM

  • Ni Putu Yayuk Puspita Yanti Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
  • Ni Made Ary Widiastini Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dalam memediasi literasi digital dan inovasi produk terhadap kinerja UMKM binaan Inkubator Bisnis Universitas Udayana yang menggunakan Resource Based View (RBV) sebagai dasar teoritis untuk menganalisis hubungan antara variabel tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden dari UMKM binaan Inkubator Bisnis Universitas Udayana. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil menunjukkan bahwa literasi digital dan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, digital marketing berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, literasi digital dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap digital marketing, digital marketing memberikan efek mediasi sempurna pada pengaruh literasi digital terhadap kinerja UMKM, dan digital marketing memberikan efek mediasi parsial pada pengaruh inovasi produk terhadap kinerja UMKM binaan Inkubator Bisnis Universitas Udayana. Penemuan ini diharapkan memberikan kontribusi empiris pada ilmu manajemen khususnya kinerja UMKM serta bermanfaat bagi Inkubator Bisnis Universitas Udayana dalam melakukan pola pembinaan yang berhubungan dengan literasi digital, inovasi produk, dan digital marketing agar bisa meningkatkan kinerja UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
How to Cite
YANTI, Ni Putu Yayuk Puspita; TELAGAWATHI, Ni Luh Wayan Sayang; WIDIASTINI, Ni Made Ary. PERAN MEDIASI DIGITAL MARKETING PADA PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 282-299, feb. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/111666>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p08.
Section
Articles