PERAN MEDIASI DIGITAL MARKETING PADA PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dalam memediasi literasi digital dan inovasi produk terhadap kinerja UMKM binaan Inkubator Bisnis Universitas Udayana yang menggunakan Resource Based View (RBV) sebagai dasar teoritis untuk menganalisis hubungan antara variabel tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden dari UMKM binaan Inkubator Bisnis Universitas Udayana. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil menunjukkan bahwa literasi digital dan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, digital marketing berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, literasi digital dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap digital marketing, digital marketing memberikan efek mediasi sempurna pada pengaruh literasi digital terhadap kinerja UMKM, dan digital marketing memberikan efek mediasi parsial pada pengaruh inovasi produk terhadap kinerja UMKM binaan Inkubator Bisnis Universitas Udayana. Penemuan ini diharapkan memberikan kontribusi empiris pada ilmu manajemen khususnya kinerja UMKM serta bermanfaat bagi Inkubator Bisnis Universitas Udayana dalam melakukan pola pembinaan yang berhubungan dengan literasi digital, inovasi produk, dan digital marketing agar bisa meningkatkan kinerja UMKM.