PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Ni Kadek Dwi Feby Sugiantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Eka Ardhani Sisdyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Nilai perusahaan yang tidak stabil menjadi fenomena menarik untuk diteliti karena nilai perusahaan berkaitan dengan kinerja perusahaan, kemakmuran pemegang saham, dan keberlanjutan usaha. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh profitabilitas dan leverage pada nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Sampel ditentukan dengan metode sampel jenuh dan jumlah sampel yang digunakan sebagai objek amatan sebanyak 199 data perusahaan. Penelitian menggunakan teknik analisis regresi berganda. Penelitian memperoleh hasil bahwa profitabilitas tidak berpengaruh pada nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif pada nilai perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada nilai perusahaan, dan pengungkapan corporate social responsibility mampu memoderasi dengan memperlemah pengaruh leverage pada nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-30
How to Cite
SUGIANTARI, Ni Kadek Dwi Feby; SISDYANI, Eka Ardhani. PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 2004-2012, oct. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/101273>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i10.p02.
Section
Articles