PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Nilai perusahaan yang tidak stabil menjadi fenomena menarik untuk diteliti karena nilai perusahaan berkaitan dengan kinerja perusahaan, kemakmuran pemegang saham, dan keberlanjutan usaha. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh profitabilitas dan leverage pada nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Sampel ditentukan dengan metode sampel jenuh dan jumlah sampel yang digunakan sebagai objek amatan sebanyak 199 data perusahaan. Penelitian menggunakan teknik analisis regresi berganda. Penelitian memperoleh hasil bahwa profitabilitas tidak berpengaruh pada nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif pada nilai perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada nilai perusahaan, dan pengungkapan corporate social responsibility mampu memoderasi dengan memperlemah pengaruh leverage pada nilai perusahaan.