PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA RSUD SANJIWANI GIANYAR
Abstract
Kinerja perusahaan merupakan alat pengukuran yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memuaskan pelanggan dan mewujudkan tujuan perusahaan. Untuk mewujudkannya, perusahaan dapat melakukan upaya perbaikan berkesinambungan agar mampu memberikan pelayanan yang semakin membaik, melalui penerapan Total Quality Management. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh antara Total Quality Management terhadap kinerja RSUD Sanjiwani Gianyar, yang perlu meningkatkan pemenuhan standar kualitas pelayanan. Pengaruh Total Quality Management ditinjau berdasarkan lima elemen, yaitu: fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, serta kerjasama tim. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil sampel sebanyak 175 orang karyawan dengan memanfaatkan teknik proportionate stratified random sampling, dan dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fokus pada pelanggan berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan; obsesi terhadap kualitas berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan; sementara perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, serta kerjasama tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.