FENOMENA PANIC BUYING DAN SERVICE CONVENIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KABUPATEN CIAMIS PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Keputusan pembelian merupakan proses seleksi konsumen dalam memilih alternatif membeli sebuah produk atau jasa sesuai dengan preferensinya, proses ini tentunya atas kesadaran pribadi konsumen sesuai needs and want konsumen itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh panic buying dan service convenience terhadap keputusan pembelian pada saat Pandemi Covid-19 di Kabupaten Ciamis. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori, instrumen penelitian melalui kuesioner. Responden penelitian sebanyak 50 orang adalah masyarakat Kabupaten Ciamis khususnya ibu-ibu rumah tangga dengan usia produktif 25-45 tahun yang sering berbelanja di Supermarket Yogya Departement Store Ciamis, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan multiple regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan panic buying dan service convenience terhadap keputusan pembelian pada saat Pandemi Covid-19 di Kabupaten Ciamis.
							
							
