STRUKTUR DAN PRODUKSI LEBAH Trigona spp. PADA SARANG BERBENTUK TABUNG DAN BOLA

  • Putu Ade Hinduari Putra Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Udayana
  • Ni Luh Watiniasih Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Udayana
  • Ni Made Suartini Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Udayana

Abstract

Lebah tanpa sengat (Trigona spp.) dapat menghasilkan madu yang bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) morfologi Trigona spp., (2) struktur internal sarang Trigona spp. pada sarang berbentuk tabung dan bola, (3) volume sarang serta perkiraan produksi madu, beebread dan selanakan Trigona spp. pada sarang berbentuk tabung dan bola. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2014. Sampel yang digunakan adalah koloni dan sarang Trigona spp. berbentuk tabung dan bola yang diambil di Desa Padang Tunggal,
Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali. Hasil penelitian menunjukan bahwa nama spesies dari sampel koloni Trigona spp. pada sarang berbentuk tabung dan bola adalah Trigona laeviceps. Struktur internal sarang Trigona spp. pada sarang berbentuk tabung dan bola mempunyai pola susunan yaitu pot madu, pot beebread dan pot sel anakan. Volume sarang besar memberikan perkiraan total jumlah produksi madu, beebread dan selanakan lebih banyak dibandingkan volume sarang kecil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-01
How to Cite
PUTRA, Putu Ade Hinduari; WATINIASIH, Ni Luh; SUARTINI, Ni Made. STRUKTUR DAN PRODUKSI LEBAH Trigona spp. PADA SARANG BERBENTUK TABUNG DAN BOLA. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 18, n. 2, dec. 2014. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/16837>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Keywords

Trigona, bentuk sarang, struktur, produksi madu