Optimalisasi Perencanaan Diversifikasi Usaha Bunga Potong

  • Putu Darmayanti Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia
  • IGN Apriadi Aviantara Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia
  • IB Putu Gunadnya Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia

Abstract

simpleks Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui margin keuntungan setiap jenis bunga potong dan menentukan jenis bunga potong yang dapat diusahakan untuk memperoleh keuntungan optimal dalam diversifikasi pengembangan usaha bunga potong. Hasil analisis diperoleh harga pokok per tangkai untuk bunga potong: pisang hias Heliconia carabaea merah, pisang hias Heliconia carabaea kuning, Anthurium, pisang hias Yellow dancer, pisang hias Gantung kapur, pisang hias Sexy pink, pisang hias Betet, pisang hias Obor, pisang hias Onje adalah Rp 498, Rp 456, Rp 316, Rp 503, Rp 578, Rp 583, Rp 458, Rp 496, Rp 523 dengan margin keuntungan per tangkai untuk masing-masing bunga potong adalah Rp 1.408, Rp 1.484, Rp 58, Rp 1.000, Rp 1.134, Rp 1.163, Rp 823, Rp 657, Rp 429. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode simpleks dengan fungsi tujuan dari margin keuntungan  setiap jenis bunga potong, serta fungsi batasan berupa biaya produksi dan keadaan pasar, maka diperoleh hasil keuntungan optimal yang dapat diusahakan adalah jenis bunga potong pisang hias Heliconia carabaea merah: Rp 33.114.331, pisang hias Heliconia carabaea kuning: Rp 30.386.354, pisang hias Sexy Pink : Rp 18.937.006 dan pisang hias gantung kapur: Rp 17.406.161.


This research aims to determine the historical pattern of sales of each product variant, the index of special events that influence the demand and forecasting models are most appropriate to use as the basis for planning the production of Coca-Cola 200 ml and Sprite 295 ml in PT. CCBI Balinusa. From these studies obtained pattern on the monthly sales of each product in 2015 fluctuated from time to time. The highest sales of Coca-Cola 200 ml occurred in September, and Sprite 295 ml occurred in December. While the lowest sales data on Coca-Cola 200 ml and Sprite 295 ml occurred in July. Index top special event for Coca-Cola 200 ml is on Christmas and New Year (I=2.43), the lowest was Idul Adha (I=1.42) and Sprite 295 ml highest at Christmas and New Year (I=2.17), the lowest in the Waisak (I=1.47). The best forecasting model for Coca-Cola 200 ml is an exponential smoothing event based (ESEB) with ? = 0.3 and for Sprite 295 ml is an exponential smoothing event based with ? = 0.1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. 1984. Teknik dan Metoda Peramalan Penerapannya Dalam Ekonomi dan Dunia Usaha, Edisi Satu. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Gaspersz, V. 2005. Production Planning and Inventory Control. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Henifa, S. L., dan N. Wahyuningsih. 2014. Peramalan Penjualan Avtur dengan Mempertimbangkan Special Event. Undergraduate Thesis of Mathematics, RSMa 519.535 Hen p, 2014. ITS Surabaya

Herjanto, E. 2008. Manajemen Operasi. Edisi Ketiga. Jakarta : PT. grasindo.

Putra, I. N., I. N. Pujawan., dan N. I. Arvitrida. 2010. Peramalan Permintaan dan Perencanaan Produksi dengan Mempertimbangkan Special Event di PT. Coca-Cola Bottling Indonesia (PT. CCBI) Plant Pandaan. Undergraduate Thesis, System Information, RSI 003.2 Put p, 2010. ITS Surabaya.

Sungkawa, I., dan R. T. Megasari. 2011. Penerapan Ukuran Ketepatan Nilai Ramalan Data Deret Waktu Dalam Seleksi Model Peramalan Volume Penjualan PT. Satriamandiri Citramulia. Jurnal.Vol.2 No. 2 Desember 2011: 636-645. Universitas Binus

Taylor, B. W. 2004. Managemen Science (Sains Manajemen). Salemba Empat, Jakarta
Published
2017-01-20
How to Cite
DARMAYANTI, Putu; AVIANTARA, IGN Apriadi; GUNADNYA, IB Putu. Optimalisasi Perencanaan Diversifikasi Usaha Bunga Potong. Jurnal BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 120-130, jan. 2017. ISSN 2502-3012. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/beta/article/view/25621>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kunci</strong>: Margin keuntungan; Metode; Biaya tak langsung variabel; Heliconia