Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi
Abstract
Pendidikan akuntansi di perguruan tinggi ditujukan untuk mendidik mahasiswa agar dapat bekerja sebagai seorang akuntan profesional yang memiliki pengetahuan di bidang akuntansi. Memahami ilmu akuntansi membutuhkan pengetahuan tentang dasar-dasar akuntansi. Dasar akuntansi tersebut digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pemahaman terhadap praktik maupun teori yang terkait dengan akuntansi. Pemahaman akuntansi merupakan suatu proses seorang mahasiswa akuntansi dalam memahami hal-hal yang terkait dengan akuntansi. Pemahaman akuntansi seseorang dapat dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang ada dalam diri masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa S1 non reguler jurusan akuntansi angkatan 2014 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa S1 non reguler jurusan akuntansi angkatan 2014 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana secara langsung sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual memengaruhi pemahaman akuntansi mahasiswa S1 non reguler jurusan akuntansi angkatan 2014 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, sedangkan kecerdasan emosional tidak memengaruhi pemahaman akuntansi mahasiswa S1 non reguler jurusan akuntansi angkatan 2014 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.