Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Modal Kerja Pada Nilai Perusahaan dengan CSR Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Perusahaan merupakan sekelompok orang yang tergabung dalam suatu organisasi yang bekerja untuk mencapai tujuan tertentu. Salah satu tujuan perusahaan yang paling mendasar adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba yang maksimal dari kegiatan usaha yang dilakukan perusahaan. Tujuan didirikannya suatu perusahaan tidak hanya sekedar untuk meraih laba sebesar-besarnya, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran pihak-pihak yang berkaitan dengan kegiatan usaha perusahaan, seperti shareholders dan stakeholders sehingga nilai perusahaan tersebut meningkat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan modal kerja pada nilai perusahaan dengan CSR sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan di perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode tahun 2013-2015. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 perusahaan, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh laporan tahunan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis regresi linear berganda yang membutuhkan statistik deskriprif, uji asumsi klasik, path analysis, dan uji sobel. Berdasarkan hasil path analysis dan uji sobel ditemukan bahwa profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh pada CSR, sedangkan modal kerja berpengaruh positif pada CSR. Profitabilitas berpengaruh positif pada nilai perusahaan, sedangkan variabel leverage dan modal kerja tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. CSR tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas, leverage, dan modal kerja pada nilai perusahaan.
Kata Kunci: profitabilitas, leverage, modal kerja, CSR, nilai perusahaan
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.