PENGARUH LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG KINERJA LINGKUNGAN PADA NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Nilai perusahaan yang baik merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Nilai perusahaan adalah persepsi dari investor terhadap perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham perusahaan. Nilai dari perusahaan bisa tumbuh secara berkelanjutan apabila perusahaan memerhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial serta lingkungan hidup karena keberlanjutan ialah hubungan yang selaras antara kepentingan-kepentingan ekonomi, masyarakat serta lingkungan. Kinerja manajer perusahaan diharapkan tidak hanya bertujuan untuk memaksimalkan nilai perusahaan tetapi juga harus memiliki usaha dalam rangka kepedulian terhadap lingkungan, seperti menurunkan emisi rumah kaca, meminimalkan pencemaran lingkungan, dan menggunakan energi alternatif yang dapat diperbaharui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kinerja lingkungan pada nilai perusahaan melalui environmental disclosure. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tingkat eksplanasi asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Jumlah sampel 34 perusahaan yang digunakan dalam penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Kinerja lingkungan tidak berpengaruh secara tidak langsungĀ pada nilai perusahaan melalui environmental disclosure. Hal ini menunjukkan environmental disclosure bukan merupakan variabel pemediasi hubungan antara kinerja lingkungan dengan nilai perusahaan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.