Studi Kelayakan Usahatani Kelor dan Kelapa Pandan Wangi pada PT. Bali Agro Investama Unit Perkebunan Penyaringan, Jembrana

  • Putu Sri Adnyasari Universitas Udayana
  • I GAA Ambarawati Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Wayan Budiasa Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

  1. Bali Agro Investama unit perkebunan Penyaringan, Jembrana salah satu yang memiliki potensi tinggi dalam pengembangan kelor dan kelapa pandan wangi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kelayakan usahatani kelor dan kelapa pada PT. Bali Agro Investama; (2) Untuk menganalisis kelayakan usahatani kelor dan kelapa pada PT. Bali Agro Investama.

Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Dirancang dengan analisis deskriptif dan analisis kelayakan usaha menggunakan kriteria investasi yaitu NPV (Net Present Value (NPV)), IRR (Internal Rate of Return (IRR)), Net Benefit-Cost Ratio (Net B/C), payback period, serta analisis sensitivitas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Adapun variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel manfaat dan biaya.


Hasil penelitian pada aspek non finansial dimana perusahaan ini memenuhi kelima aspek yaitu aspek hukum, aspek pemasaran, aspek manajemen, dan aspek teknis. Analisis kelayakan usaha menggunakan kriteria investasi didapat hasil yaitu sebagai berikut (1) NPV > 0 (2) IRR > 1%. (3) Net B/C > 1. (4) Payback period tanpa pembiayaan bank selama 6,85tahun dan dengan pembiayaan bank selama 7,52 tahun. Berdasarkan hasil analisis sesitivitas, proyek ini sensitif terhadap perubahan biaya operasional dan perubahan penerimaan.


Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa usahatani kelor dan kelapa pandan wangi  di PT. BAI layak untuk dijalankan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pihak yang membutuhkan.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-27
How to Cite
ADNYASARI, Putu Sri; AMBARAWATI, I GAA; BUDIASA, I Wayan. Studi Kelayakan Usahatani Kelor dan Kelapa Pandan Wangi pada PT. Bali Agro Investama Unit Perkebunan Penyaringan, Jembrana. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 9, n. 2, p. 397-407, oct. 2021. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/76231>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2021.v09.i02.p05.
Section
Articles