Persepsi Konsumen dan Keinginan Membeli Susu Murni Pada Masa Pandemi Covid-19
(Studi Kasus Produk Susu Murni Bantal Cv. Cita Nasional)
Abstract
Disaat masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak orang meningkatkan imun tubuh dengan mengkonsumsi susu murni. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis pengaruh gaya hidup, harga, tempat, promosi, kualitas produk terhadap keinginan membeli susu murni kemasan bantal pada masa pandemi Covid-19 dan mengidentifikasi proses pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-September 2020 di Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 60 responden yaitu dengan kriteria konsumen yang sudah menkonsumsi lebih dari satu kali dan usia responden lebih dari 16 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: karakteristik responden yang paling banyak sejumlah 41 orang (68,3%) adalah berjenis kelamin perempuan, 24 orang (40%) pada usia 21-30 tahun, berdasarkan pekerjaan sejumlah 25 orang (41,7%) adalah mahasiswa, pendapatan perbulan Rp.500.001– Rp.2.000.000 dengan jumlah 30 orang (50%), membeli susu murni lebih dari 3 kali sebanyak 47 orang (78,3%), dan sebanyak 31 orang (51,7%) mendapatkan informasi produk susu dari teman. Gaya hidup (X1), tempat (X3), promosi (X4) berpengaruh signifikan terhadap keinginan membeli, sedangkan harga (X2) dan kualitas produk (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap keingingan membeli. Ketika melakukan pembelian susu murni kemasan bantal CV. Cita Nasional, pengenalan masalah merupakan komponen terpenting (bobot 6,25) yang dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan. Sedangkan pertimbangan yang paling kecil dilakukan oleh konsumen adalah tahap evaluasi alternatif (4,65) karena konsumen sudah yakin bahwa saat mengkonsumsi susu murni CV. Cita Nasional itu dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan konsumen.