Kajian Analisis Biaya dan Manfaat (Cost-Benefit Analysis) Sayuran Hidroponik dengan Sistem Nutrient Film Technique di Indonesia

  • Ni Made Classia Sukendar Universitas Udayana
  • Ni Luh Made Indah Murdyani Dewi Universitas Udayana

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk membandingkan studi kelayakan finansial pada beberapa usahatani sayuran hidroponik sistem NFT di Indonesia. Kajian tentang kelayakan finansial menjadi penting untuk dilaksanakan guna sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam suatu usahatani. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi literatur untuk pengambilan dara sekunder yang berasal dari beberapa jurnal yang terdiri dari nilai IRR, NPV, dan Net B/C Ratio. Terdapat empat usahatani sayuran hidroponik sistem NFT yang direview dalam kajian yang semuanya berkaitan dengan analisis biaya manfaat diantaranya usahatani sayuran hidroponik sistem NFT yang terletak di Bogor, Ciamis, Jakarta Timur, dan Banjarmasin. Kajian ini menghasilkan bahwa usahatani sayuran hidroponik NFT di Bogor, tepatnya di PT. Cifa Indonesia memiliki nilai NPV sebesar Rp. 33.478.083, IRR sebesar 52%, dan Net B/C Ratio sebesar 5,56. Ini menunjukkan bahwa usahatani sayuran hidroponik PT. Cifa Indonesia di Bogor lebih menguntungkan untuk dikembangkan daripada usahatani hidroponik sistem NFT lainnya. Hasil dari kajian ini diharapkan mampu menjadi acuan kepada pengembang usahatani sayuran hidroponik dengan sistem NFT.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-26
How to Cite
SUKENDAR, Ni Made Classia; DEWI, Ni Luh Made Indah Murdyani. Kajian Analisis Biaya dan Manfaat (Cost-Benefit Analysis) Sayuran Hidroponik dengan Sistem Nutrient Film Technique di Indonesia. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 11, n. 01, p. 055-061, apr. 2023. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/100200>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2023.v11.i01.p05.