PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG

Universitas Udayana

  • I Made Dandy Adi Pradana Universitas Udayana
  • Ni Made Asti Aksari Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap sikap dan niat beli ulang dan menjelaskan sikap dalam memediasi pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap niat beli ulang produk fashion melalui Instagram. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bali dengan menggunakan sampel sebanyak 140 responden yang pernah membeli produk fashion melalui Instagram. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form dan diukur menggunakan skala likert. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli ulang. Selain itu, kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli ulang, dan sikap mampu memediasi persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap niat pembelian ulang produk fashion melalui Instagram.


Kata kunci: persepsi manfaat, persepsi kemudahan, sikap, niat pembelian ulang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-21
How to Cite
DANDY ADI PRADANA, I Made; AKSARI, Ni Made Asti. PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 1110 - 1130, june 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/EJMUNUD.2022.v11.i06.p03>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p03.
Section
Articles