Peran Product Involvement dalam Memoderasi Pengaruh Country Of Origin Terhadap Purchase Intention Smartphone Merek Oppo di Kota Denpasar

  • I Gusti Ayu Putu Utami Mayastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Alit Alit Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Made Wardana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Purchase intention adalah keinginan konsumen untuk membeli sebuah produk spesifik. Perilaku ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor citra negara asal produk (country of origin). Produk yang berasal dari negara dengan citra yang baik umumnya lebih diterima daripada produk yang berasal dari negara dengan citra yang kurang baik. Semakin tinggi hubungan personal konsumen terhadap produk (product involvement), semakin tinggi pencarian informasi terkait produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari country of origin dan product involvement terhadap purchase intention serta peran product involvement dalam memoderasi pengaruh country of origin terhadap purchase intention. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 90 responden dan dianalisis dengan Analisis Regresi Moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa country of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, product involvement berpengaruh negatif dan signifikan terhadap purchase intention, dan product involvement secara positif dan signifikan memperkuat pengaruh country of origin terhadap purchase intention.

Kata kunci: country of origin, product involvement, purchase intention

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-10
How to Cite
UTAMI MAYASTUTI, I Gusti Ayu Putu; ALIT SURYANI, Alit; WARDANA, I Made. Peran Product Involvement dalam Memoderasi Pengaruh Country Of Origin Terhadap Purchase Intention Smartphone Merek Oppo di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 12, dec. 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/9990>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

country of origin, product involvement, purchase intention