PENGARUH KEPUASAN KERJA, DAN KEADILAN ORGANISASIONALTERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI PT. POS INDONESIA (persero) DENPASAR

  • yabes manullang Universitas Udayana
  • I Komang Ardana Universitas Udayana

Abstract

Komitmen Organiasaional merupakan sikap yang mencerminkan sejauh mana seorang individu mengenal dan terikat pada organisasinya, yang dimana lebih berkomitmen terhadap organisasi dan juga memiliki kebiasaan- kebiasaan yang bisa diandalkan, berencana untuk tinggal lebih lama dalam organisasi, dan mencurahkan lebih banyak upaya dalam pekerjaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kepuasan kerja dan keadilan organisasi terhadap komitmen organisasional. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Pos Indonesia, Denpasar dengan populasi sebanyak 81 orang dan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan jika kepuasan kerja dan keadilan organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, PT. Pos Indonesia (Persero) Denpasar dapat lebih memperhatikan prosedur kerja dalam perusahaan PT. Pos Indonesia (Persero), Denpasar agar terciptanya rasa puas dan adil pada karyawan sehingga menimbulkan rasa komitmen pada diri karyawan itu sendiri.


Kata Kunci: kepuasan kerja, keadilan organisasi, komitmen organisasional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-26
How to Cite
MANULLANG, yabes; ARDANA, I Komang. PENGARUH KEPUASAN KERJA, DAN KEADILAN ORGANISASIONALTERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI PT. POS INDONESIA (persero) DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 1171 - 1190, june 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/77726>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>